Rabu, 17 Oktober 2012

Pengamatan Iklan Tentang Provider Telkomsel


Persaingan di dunia telekomunikasi pada saat ini sangat ketat. Beragam produk yang ditawarkan dari provider-provider pun sangat banyak. Sebagai contoh provider-provider yang telah kita kenal antara lain Indosat, Telkomsel, Axis, XL Axiata, Bakrie Telecom, Tri (3) dll. Hampir semua provider-provider tersebut memberikan program yang sama kepada konsumennya, baik dari harga, layanan, fitur, kekuatan sinyal, serta tarif provider itu sendiri. Dalam hal ini,  konsumen sebagai pengguna dituntut selektif dalam memilih produk provider yang  telah ada. Dari sanalah timbul sebuah persaingan untuk memperebutkan konsumen agar memakai produknya. Selain itu,  pemasaran pun sangat diperlukan untuk memperkenalkan produk sebuah perusahaan. Bentuk pemasaran yang dilakukan dan diterapkan oleh masing-masing provider ini sangat gencar yang tujuannya untuk menarik minat konsumen. Bisa melalui pemasangan iklan melalui media cetak (koran, tabloid, majalah dll) dan media elektronik (televisi dan radio). Dari kedua macam media tersebut, media elektronik yang paling berpengaruh besar terhadap promosi dan  penjualan sebuah produk provider tersebut, khususnya televisi.
Salah satu provider yang sedang melambung adalah Telkomsel. Macam-macam produk yang dikeluarkan oleh Telkomsel antara lain yaitu Simpati dan Kartu AS. Hampir setiap saat iklan telkomsel muncul di commercial break siaran televisi swasta Indonesia. Dalam pemasangan iklan, dibutuhkan kreativitas atau ide yang menarik agar konsumen (peminat) merasa tertarik dan penasaran mencoba produk provider tersebut. Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh provider ini diantaranya tarif menelepon yang murah, sms yang murah, kecepatan akses data (internet) dll. Kebutuhan seperti itulah yang diinginkan oleh konsumen saat ini dan merupakan salah satu bentuk promosi yang dapat dikatakan bukanlah umum bagi masyarakat pengguna telepon seluler, tetapi bisa mendongkrak penjualan produk.
Selain itu, kemasan iklan yang dibuat oleh provider ini sangat unik sehingga konsumen bisa tertarik terhadap produk ini. Salah satu  inovasi pengiklanan yang dilakukan oleh telkomsel adalah iklan dengan tema program haji. Dengan adanya musim haji saat ini, telkomsel mengeluarkan layanan menelpon murah dari arab Saudi ke Indonesia seharga layanan telpon murah. Dengan demikian fitur terbaru yang ditawarkan oleh telkomsel dapat menarik minat konsumen untuk membeli dan memakai produk tersebut. Diihat dari STP (Segmentation Targeting Positioning), yaitu :
·         Segmentasi dari produk ini yaitu kelas menengah dan menengah ke atas, lalu  Pengusaha, Karyawan dll.
·         Targeting dari produk ini yaitu dipasarkan di counter-counter handphone dimana saja.
·         Positioning produk ini yaitu memposisikan dirinya sebagai produk yang ditujukan bagi orang yang selalu menginginkan jaringan luas.Persaingan di dunia telekomunikasi pada saat ini sangat ketat. Beragam produk yang ditawarkan dari provider-provider pun sangat banyak. Sebagai contoh provider-provider yang telah kita kenal antara lain Indosat, Telkomsel, Axis, XL Axiata, Bakrie Telecom, Tri (3) dll. Hampir semua provider-provider tersebut memberikan program yang sama kepada konsumennya, baik dari harga, layanan, fitur, kekuatan sinyal, serta tarif provider itu sendiri. Dalam hal ini,  konsumen sebagai pengguna dituntut selektif dalam memilih produk provider yang  telah ada. Dari sanalah timbul sebuah persaingan untuk memperebutkan konsumen agar memakai produknya. Selain itu,  pemasaran pun sangat diperlukan untuk memperkenalkan produk sebuah perusahaan. Bentuk pemasaran yang dilakukan dan diterapkan oleh masing-masing provider ini sangat gencar yang tujuannya untuk menarik minat konsumen. Bisa melalui pemasangan iklan melalui media cetak (koran, tabloid, majalah dll) dan media elektronik (televisi dan radio). Dari kedua macam media tersebut, media elektronik yang paling berpengaruh besar terhadap promosi dan  penjualan sebuah produk provider tersebut, khususnya televisi.
Salah satu provider yang sedang melambung adalah Telkomsel. Macam-macam produk yang dikeluarkan oleh Telkomsel antara lain yaitu Simpati dan Kartu AS. Hampir setiap saat iklan telkomsel muncul di commercial break siaran televisi swasta Indonesia. Dalam pemasangan iklan, dibutuhkan kreativitas atau ide yang menarik agar konsumen (peminat) merasa tertarik dan penasaran mencoba produk provider tersebut. Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh provider ini diantaranya tarif menelepon yang murah, sms yang murah, kecepatan akses data (internet) dll. Kebutuhan seperti itulah yang diinginkan oleh konsumen saat ini dan merupakan salah satu bentuk promosi yang dapat dikatakan bukanlah umum bagi masyarakat pengguna telepon seluler, tetapi bisa mendongkrak penjualan produk.
Selain itu, kemasan iklan yang dibuat oleh provider ini sangat unik sehingga konsumen bisa tertarik terhadap produk ini. Salah satu  inovasi pengiklanan yang dilakukan oleh telkomsel adalah iklan dengan tema program haji. Dengan adanya musim haji saat ini, telkomsel mengeluarkan layanan menelpon murah dari arab Saudi ke Indonesia seharga layanan telpon murah. Dengan demikian fitur terbaru yang ditawarkan oleh telkomsel dapat menarik minat konsumen untuk membeli dan memakai produk tersebut. Diihat dari STP (Segmentation Targeting Positioning), yaitu :
·        * Segmentasi dari produk ini yaitu kelas menengah dan menengah ke atas, lalu  Pengusaha, Karyawan dll.
·         * Targeting dari produk ini yaitu dipasarkan di counter-counter handphone dimana saja.
·     * Positioning produk ini yaitu memposisikan dirinya sebagai produk yang ditujukan bagi orang yang selalu menginginkan jaringan luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar